Rabu, 21 September 2016

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BUAH-BUAHAN

Membuat Percobaan Sumber Energi Alternatif Pengganti Baterai

Hai Friend.. Tugasku kali ini membuat rangkaian listrik. Tapi kita harus mengganti baterai dengan buah-buahan. Seperti jeruk nipis, kentang dan apel. Awalnya aku ga yakin, emang bisa gitu? Setelah cari2 di google ternyata memang bisa. Tapi untuk lampu kecil aja. Keciiil banget. Kalo buat lampu kamarku gimana? Bisa juga kayanya. Cuma kebayang butuh berkilo-kilo kayanya.. 😁😂😁😂😁

Ok, bahan-bahan yang aku pake di percobaan kali ini, yaitu :

  • Jeruk nipis sepotong (1/2 buah)
  • Kentang sepotong juga
  • Apel sekilo. Sepotongnya buat percobaan, sisanya buat akuu 😄😁😁😁😂. Sepotong aja deng
  • Kawat tembaga 3 potong ( 2 potong ukuran panjangnya ±15cm, 1 lagi ±4cm)
  • Paku ulir 3 biji
  • 2 utas kabel ukurannya aku pake 25cm. Ujung2nya dikelupasin kulit kabelnya.
  • Penjepit buaya 2 pasang (jadi ada 4 biji. 2 yg warna merah, 2 lg warna hitam)
  • Dan lampu led. Sebelumnya aku pakai lampu senter sesuai dengan petunjuk di buku paket. Tapi ternyata ngga bisa nyala friend.. 
Kawat tembaganya aku ambil dari isi kabel yang hitam. Dikelupasin kulit kabelnya. Dapet deh kawat tembaganya. Oiya lampunya lupa ga kefoto.😱

Nah ini dia lampunya. Lampu led namanya. Liat deh, kaki lampunya sebelah panjang sebelah lagi pendek.

Langkah kerja :

  • Pertama-tama aku pasang dulu kabelnya ke penjepit buaya. Cara pasangnya lumayan susah juga. Tapi aku jelasin deh pake foto ya biar jelas. Baik banget kaan akuu 😄😄
Lepas pembungkus jepit buaya, masukkan ke kabel (posisinya begini ya biar nanti gampang masang bungkusnya lagi ) terus ujung kabel yang udah dikelupas dimasukkan ke lubang terus dililitkan biar ga copot

Aku pasang lagi bungkusnya. Caranya biar gampang jepitin dulu ke paku terus masukan bungkus ke penjepit hingga penjepit terbungkus lagi.
Nanti masangnya 1 kabel sama ya warna penjepitny. Jadi yang merah sama yang merah lagi. Yang hitam sama yang hitam lagi.

Jadinya begini ya friend..

  • Terus susun rangkaiannya. Kaya di foto berikut ini..
Oiya, itu penjepit yang hitam dijepitkan ke kaki lampu yang pendek. Penjepit merah dijepitkan ke kaki lampu yang panjang. Dizoom aja gambarnya ya friend kalau rangkaiannya kurang jelas.

Terakhir..  Tusukkan kawat tembaga kecil yang di ujung penjepit merah ke jeruk nipis. Daan.. Nyala deh lampunya.. Horee 🙌🙌

Percaya ga lampunya bisa nyala? Apa? Kamu ga percaya? Niih aku kasih buktinya. Rangkaiannya aku foto di ruang gelap ya..


Yeeaaay.. Praktikum kali ini berhasil..!

2 komentar: