Selasa, 20 September 2016

PUDING SINGKONG

Membuat Makanan Berbahan Dasar Singkong

Sesuai dengan materi pembahasan Tema 2 Sub Tema 3 Pembelajaran 5 yang membahas tentang singkong, aku dapat tugas membuat makanan yang berbahan singkong nih friend.. Banyak contohnya kok, bisa combro, misro, putri noong, keripik, katimus, singkong keju, singkong rebus pun boleh asal jangan singkong mentah. Kamu aja yang makan, aku sih ogah.. Kalau aku ingin membuat makanan yang tidak biasa. Hmm apa ya? Setelah aku bertapa dengan si Mbah Gugel, pilihanku jatuh ke PUDING SINGKONG. Sepertinya mudah. (Sepertinya loh ya...hehe)

Ok, mari kita kerjakan!

Pertama-tama, siapkan dulu bahannya.
Bahan Puding Singkong :
  • Agar-agar swallow globe putih 2 bungkus
  • Gula pasir 240 gr
  • Santan kara kecil 1 bungkus
  • Susu dancow sachet 1 bungkus
  • Air 700ml
  • Daun pandannya minta dari tetangga (hehehe) 3 lembar. Kalau sepohon nanti kamu malah diteriakin lagi, hahaha.
  • Coklat bubuk 1 sendok makan
  • Tentu saja harus ada singkong 100 gr, diparut. Berhubung di rumah adanya cuma parutan keju, jadi aku blender aja. Singkongnya dipotong kecil-kecil terus dicampur air 100ml (airnya diambil dari bahan air yang 700ml tadi) 
  • Buat hiasannya potongan pandan tadi (ujungnya saja) dan 2 buah cherry merah. Berhubung keburu sore dan toko kuenya udah tutup, langsung deh ngubek-ngubek lemari dapur Ibu, Tomat? Ga ada :( . Permen? Ga ada juga. Meises, coklat, keju? Ga ada juga, pakai apa doong :"( . Masa iya pake cabe? Pantang menyerah, ngubek lagi.. Dapat deh bekas hiasan kue ulang tahunku. bentuknya sih balon-balon gitu. aku potong aja 2 balon yang warna merah. Maaf ya Bu..
Ok, selanjutnya? Tiduuur... Oh tentu tidak.. Dibuat lah.. Masa nyuruh ibu yang bikin ( Iya deng, dibantu ibu. Dikiiit kok.. Dikitan aku maksudnya.. Hahaha)
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan kecuali coklat bubuk (dan hiasan tentunya) dicampur dalam panci. 
  • Pisahkan sedikit untuk diberi warna coklat.
  • Yang warna putih dimasak sampe mendidih sambik diaduk.
  • Terus tuang ke cetakan
  • Terus masak juga yang warna coklat
  • Tuang di atas puding putih
  • Dinginkan
  • Terus dikeluarkan dari cetakan dan dihias dengan pandan dan cherry ( Cherry boongan, hehehe)
  • Jangan lupa disimpan ditempat plastik mika untuk hantaran. Jangan disimpan di piring. Nanti dimakan sama adikku deh.. Ngga deng, adikku aku kasih sedikit kok tadi. Sisanya doang yang dari panci. Hehehe.. Maaf ya De.. Nanti kita bikin lagi ya.. (Kapan-kapan kalo sempet, hahaha)
Dan... Tara..... Ini dia hasilnya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar